nasihat today

وَمَا أَصَابَكُم مِّن مُّصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ
“Dan musibah apapun yang menimpamu, maka itu adalah akibat dari ulah tanganmu sendiri.” (As Syura 30).

RPP BIOLOGI SISTEM IMUN OLEH ALI MUSTHOFA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
DISUSUN OLEH: ALI MUSTHOFA 2013-A 1103130033


Sekolah                       : SMA
Mata pelajaran             : Biologi
Kelas/Semester            : X1/2
materi pokok                 :sistem pertahanan tubuh: antigen dan antibodi mekanisme pertahanan tubuh , peradangan, alergi, pencegahan, dan penyembuhan penyakit,imunisasi.
Alokasi Waktu            : 4 X 45 menit ( 2 pertemuan )

A.      Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
2.       Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.       Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.       Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     KOMPETENSI DASAR

1.1  Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi sel, jaringan, organ penyusun sistem dan bioproses yang terjadi pada mahluk hidup.
2.1   Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
3.1  4 Mengaplikasikan pemahaman tentang prinsip-prinsip sistem immun untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dengan kekebalan yang dimilikinya melalui program immunisasi sehingga dapat terjaga proses fisiologi di dalam tubuh.
4.1  6 Menyajikan data jenis-jenis imunisasi (aktif dan pasif) dan jenis penyak it yang dikendalikannya.

C.     INDIKATOR PERTEMUAN 1 DAN 2
1.      bersyukur kepada tuhan karena diciptakan dengan tubuh yang sempurna
2.      menyadari pentingnya sistem imun dalam meningkatkan kualitas hidup manusia
3.      berperilaku teliti, disiplin, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi serta bekerja sama.
4.      menjelaskan prinsip-prinsip sitem imun untuk meningkatkan kualitas hidup manusia
5.      menjelaskan jenis-jenis imunisasi (aktif dan pasif)
6.      menjelaskan  jenis penyakit yang dapat dikendalikan oleh sistem imun


D.    TUJUAN PEMBELAJARAN PERTEMUAN 1 DAN 2
·         Mengidentifikasi prinsip-prinsip sistem immun untuk meningkatkan kualitas hidup manusia
·         menjelaskan antigen dan antibodi
·         menjelaskan Mekanisme pertahanan tubuh
·         menjelaskan   Peradangan, alergi, pencegahan dan  penyembuhan penyakit.
·         menjelaskan imunisasi serta jenis-jenis imunisasi (aktif dan pasif)
·         mengidentifikasi dan menjelaskan penyakit yang dapat dikendalikan oleh sistem imun

E.     materi pembelajaran

Ø  materi Reguler
·         Antigen dan antibodi.
·         Mekanisme pertahanan tubuh.
·         Peradangan, alergi, pencegahan dan  penyembuhan penyakit.
·         Immunisasi

Ø  materi pengayaan
·         menganalisis penyakit AIDS (Penyebab AIDS, mekanisme penularan, upaya pencegahan, upaya pencegahan)

Ø  materi remedial
·         diberikan gambar tentang peradangan (inflamasi)
peranan sistem pertahanan tubuh


F.     Metode Pembelajaran
·         Diskusi
·         Tanya jawab

G.    Model Pembelajaran
·         Model pembelajaran problem based learning

H.    Kegiatan Pembelajaran
No
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
1
Pendahuluan

1.      Guru memberi salam, selanjutnya  menanyakan kabar peserta didik, dengan menyampaikan ucapan “Bagaimana kabar kalian hari ini? sudah siapkah belajar?” Siapa saja yang tidak bisa hadir dalam pembelajaran hari ini?
2.      Guru meminta peserta didik untuk mengecek kebersihan kelas, minimal di sekitar meja dan kursi tempat duduknya.
3.      guru memberikan apersepsi dengan: “ pernahka kalian mengalami pilek dan bersin..?
  1. Peserta didik diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya.
5.      Guru menanggapi jawaban peserta didik dan mengaitkannya dengan materi pembelajaran hari ini, yaitu sistem pertahanan tubuh pada manusia.
6.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai:
·         Mengidentifikasi prinsip-prinsip sistem immun untuk meningkatkan kualitas hidup manusia
·         menjelaskan antigen dan anti bodi
·         menjelaskan Mekanisme pertahanan tubuh
·         menjelaskan   Peradangan, alergi, pencegahan dan  penyembuhan penyakit.
·         menjelaskan imunisasi serta jenis-jenis imunisasi (aktif dan pasif)
·         mengidentifikasi dan menjelaskan penyakit yang dapat dikendalikan oleh sistem imun.
7.      guru membagi siswa kedalam 4 kelompok yang heterogen
8.      Guru menyampaikan hal-hal yang akan dinilai, yaitu
·         Sikap: teliti, berani,disiplin, kerjasama dan berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi
·         pengetahuan: menguasai materi yang dipresentasikan
9.      guru membagikan lembar kerja kepada tiap kelompok
10.  Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas pada pertemuan ini, yaitu langkah pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) .


10 menit
2
Inti
Orientasi Masalah
1.      Guru membimbing siswa untuk Membaca literatur tentang penyebab HIV Aids dan penyerangan virus tersebut pada sistem kekebalan
2.      Siswa membaca literatur tentang penyebab HIV Aids dan penyerangan virus tersebut pada sistem kekebalan
Setelah membaca siswa dapat merumuskan masalah
Rumusan Masalah
1.      Guru membimbing siswa dalam merumuskan masalah setelah membaca literatur tentang penyebab HIV Aids dan penyerangan virus tersebut pada sistem kekebalan
2.      Siswa merumuskan masalah dari hasil memahami literatur  tentang penyebab HIV Aids dan penyerangan virus tersebut pada sistem kekebalan
3.      Guru mengarahkan siswa untuk menghasilkan rumusan masalah seperti apa yang telah dirumuskan terlebih dahulu oleh guru antara lain:
·         Bagaimana prinsip-prinsip sistem immun untuk meningkatkan kualitas hidup manusia ?
·         Mengapa sistem kekebalan penting?
·        Proses apa yang menyebabkan adanya kekebalan tubuh?
·        Komponen apa dalam tubuh yang menyebabkan terjadinya kekebalan?
·        bagaimana mekanisme sistem pertahanan tubuh ?
·        apakah kekebalan tubuh dapat terjadi secara pasif dan aktif ?
·        apakah kekebalan tubuh dapat terganggu oleh berbagai sebab?
·        apa saja penyakit yang dapat dikendalikan oleh sistem imun?
4.      Guru mengorganisasi siswa untuk membagi hasil rumusan masalah untuk diselesaikan tiap-tiap kelompok
5.      setiap kelompok mendapat 2 hasil rumusan masalah
Menganalisis masalah
1.      Guru membimbing siswa dalam meninjau masalah secara kritis dari berbagai sudut pandang
2.      Siswa menainjau masalah secara kritis dari berbagai sudut pandang sesuai dengan apa yang diarahkan oleh guru

Merumuskan hipotesis
1.      Guru membimbing siswa dalan merumuskan kemungkinan pemecahan sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki tiap tiap kelompok
2.      Siswa  merumuskan kemungkinan pemecahan sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki

Mengumpulkan Data
1.      guru membimbing siswa dalam mencari informasi yang diperlukan oleh siswa
2.      siswa mencari infomasi dengan:
·      Mengkaji literatur untuk menemukan fungsi antigen dan antibodi bagi pertahanan tubuh dan mendiskusikannya
·      mengkaji literatur Komponen tubuh yang menyebabkan terjadinya kekebalan
·      mengkaji literatur mekanisme kerja sistem imun
·      mengkaji literatur penyakit yang dapat dikendalikan oleh sistem imun.
·      mengkaji literatur  kekebalan tubuh secara pasif dan aktif
·      mengkaji literatur gangguan pada sistem imun
·      Mengumpulkan informasi tentang kelainan-kelainan yang berhubungan dengan sistem immune dari berbagai sumber (alergi, peradangan, autoimmun, immunisasi, dan vaksinasi)

Mengembangkan dan Mengkomunikasikan hasil kerja
1.      guru membantu siswa dalam mengembangkan hasil jawaban berdasarkan rumusan masalah
2.      Siswa mengembangkan jawaban yang tepat untuk menjawab permasalahan dan menuliskan dilembar jawaban yang telah disiapkan
3.      Guru menunjuk kelompok 1 untuk menyajikan dan mengkomunikasikan hasil jawaban
4.      Siswa dari kelompok 1 menyajikan hasil jawabanya didepan kelas secara langsung
5.      Siswa dari kelompok lain bertanya tentang materi yang disampaikan secara bersahabat dan komunikatif.

75 menit
3
Penutup
1.    siswa diarahkan untuk membuat rangkuman/simpulan pelajaran
2.    Guru meminta siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan dan ditulis dalam buku catatan masing-masing.
3.    Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4.    Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya, yaitu “melanjutkan presentasi untuk kelompok 2-4 dengan menggunakan power point
5.    Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.
5 menit


No
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
1
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam, selanjutnya  menanyakan kabar peserta didik, dengan menyampaikan ucapan “Bagaimana kabar kalian hari ini? sudah siapkah belajar?” Siapa saja yang tidak bisa hadir dalam pembelajaran hari ini?
2.      Guru meminta peserta didik untuk mengecek kebersihan kelas, minimal di sekitar meja dan kursi tempat duduknya
3.      guru memotivasi siswa dengan pemberian penghargaan yaitu pemberian blue ribbon pada kelompok yang mennyajikan presentasi bagus.
4.      Guru mengingatkan kembali tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
5.      guru melanjutkan tahapan pembelajaran sebelumnya.
6.      Guru menyampaikan hal-hal yang akan dinilai, yaitu
·         Sikap: teliti, berani,disiplin, kerjasama dan berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi
·         Keterampilan:  pembuatan power point
·         pengetahuan: menguasai materi yang dipresentasikan
10 memit
2
Inti
Mengkomunikasikan hasil kerja
1.      guru meminta  siswa dari kelompok 2 dst untuk menyiapkan presentasi dan menyajikan presentasinya
2.      guru meminta kelompok lain untuk mendengar dan memahami presentasi kelompok 2 dst.
3.      guru meminta kelompok lain untuk menanyakan hal-hal yang kurang dipahami dari hasil presentasi
4.      kelompok lain diberi kesempatan untuk bertanya
5.      kelompok yang mempresentasikan menjawab pertanyaan dari kelompok lain
6.      siswa melakukan tanya jawab tentang materi yang disampaikan secara bersahabat dan komunikatif
7.      Guru memberikan penguatan hasil diskusi presentasi

menganalisa dan mengevaluasi hasil pemecahan
1.      guru membantu siswa dalam mengkaji ulang hasil pemecahan masalah yang dimulai dari kelompok 1dst.
2.      Guru mengevaluasi materi yang telah diberikan

60 menit
3
Penutup
1.    Peserta didik diarahkan untuk membuat rangkuman/kesimpulan pelajaran di buku catatannya.
2.    Guru meminta peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan dan ditulis dalam buku catatan masing-masing.
3.    Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4.    guru memberikan penghargaan pada kelompok terbagus dengan memberikan blue ribbon untuk ditempelkan dilengan kanan siswa
5.    Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
6.    guru meminta siswa untuk mengembalikan alat-alat yang diperlukan untuk presentasi
7.    Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.

10 menit

I.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media:
a.         Buku biologi kelas XI, artikel dari berbagai sumber (jurnal, internet)
2.      Alat dan Bahan
a.         Laptop.
b.        LCD.
c.         Layar
d.        lembar kerja
e.         blue ribbon
3.      Sumber Belajar:
a.         Kusumawati, Rohana. 2013. Biologi untuk SMA Kelas XI Semester 2. Klaten : PT Intan Pariwara
b.        Gut, Windarsih. 2013. Biologi untuk SMA/MA Kelas XI. Klaten Semester 2.  : PT Intan Pariwara .    

J.      Penilaian
1.      Bentuk Instrumen dan Jenis/Teknik Penilaian:
a.    Bentuk Instrumen berupa Tes:
1)        Tes tulis  dengan pertanyaan sesuai dengan indikator pada KD pengetahuan :
·         jelaskan prinsip-prinsip sistem imun dalam meningkatkan kualitas hidup manusia?
·         apakah yang dimaksud dengan antigen dan antibodi? bagaimanakah antibodi melawan antigen ?
·         jelaskan mekanisme pertahanan tubuh terhadap patogen yang masuk kedalam tubuh! jelaskan disertai contoh ?
·         mengapa seseorang yang terkena penyakit cacar tidak akan terserang oleh penyakit tersebut untuk kedua kalinya ?
·         saluran pernapasan merupakan daerah yang rawan terinfeksi oleh kuman penyakit. hal ini dikarenakan saluran pernafasan dilalui oleh udara pernafasan. padahal, udara yang dihirup mengandung partikel asing maupun kuman penyakit. bagaimana mekanisme tubuh melindungi organ-organ pernafasan dari infeksi kuman penyakit ?


a.    Bentuk Instrumen berupa Non Tes:
·           Observasi untuk penilaian sikap beserta pedoman pensekoran
·           Penilaian keterampilan berupa keterampilan peserta didik selama mengikuti pembelajaran ( problem based learning)

Mengetahui,                                                                Tuban,  09 juni 2015
Kepala Sekolah                                                           Guru Pengajar,




............................                                                  Ali Musthofa

















Lampiran 1

No.
Kunci jawaban
Skor
1
1.                                                                                                    
Prinsip sistem imun adalah melindungi tubuh dari serangan benda asing atau bibit penyakit yang masuk kedalam tubuh. sehingga manusia dalam menjalankan aktivitasnya tidak terganggu atau mudah sakit karena tubuhnya sudah merespon bila ada serangan bibit penyakit. oleh karena itu kualitas hidup manusia akan meningkat namun manusia harus menggunakan pola hidup sehat.



6
2

Antigen adalah zat yang dapat memicu respon imun yang menyebabkan produksi antibodi sebagai bagian dari pertahanan tubuh terhadap infeksi dan penyakit.
Antibodi adalah senyawa protein yang berfungsi melawan antigen dengan cara mengikatnya selanjutnya sel asing yang antigenya telah diikat oleh antibodi akan ditangkap dan dihancurkan oleh makrofag


3


3
3
Patogen yang masuk kedalam tubuh akan diatasi dengan limfosit dan anti bodi yang mana limfosit melibat kan Sel B dan Sel T. sel B berperan dalam pembentukan kekebalan humoral dengan membentuk antibodi. sedangkan sel T berperan dalam pembentukan kekebalan seluler yaitu dengan cara menyerang sel penghasil antigen secara langsung. selanjutnya antibodi mengikat sel asing yang antigenya telah diikat kemudian akan ditangkap oleh makrofag untuk dihancurkan tetapi antibodi ini bersifat spesisifik.
8
4.
Suatu antibodi hanya bekerja secara spesifik untuk antigen tertentu sehingga orang yang pernah terinfeksi oleh penyakit cacar tidak akan terkena penyakit cacar untuk kedua kalinya karena ketika suatu antigen masuk kedalam tubuh untuk pertama kalinya sel B pembelah akan membentuk sel B plasma dan sel B pengingat, sel B plasma akan membentu antibodi untuk mengikat antigen kemudian akan ditangkap oleh makrofag, setelah infeksi berakhir, sel B plasma akan mati sedangkan sel B pengingat akan hidup lama, selanjutnya apabila antigen yang sama masuk kedalam tubuh maka sel Bpengingat akan mensitimulasi pembentuka sel B. sel B plasma akan membentuk antibodi untuk mengikat antigen, kejadian ini disebut juga dengan memory immunologi.
10
5
Untuk melindungi organ suatu kuman akan sulit menginfeksi organ pernafasan karena akan diatasi dengan sistem pertahanaan tubuh yang terdapat dipermukaan tubuh dalam kasus ini yaitu sistem pertahanan fisik dimana saluran pernafasan ini dilindungi oleh membran mukosa yang mampu menhalangi masuknya patogen. karena mukosa mengandung enzim lisozim yang dapat membunuh bakteri  selanjutnya pertahanan secara mekanis, pertahanan secara mekanis dilakukan oleh rambut hidung dan silia, rambut hidung berfungsi menyaring udara yang dihirup oleh partikel-partikel berbahaya maupun mikroorganisme, adapun silia yang terdapat ditrakea berfungsi menyapu partikel-partikel berbahaya yang terperangkap dalam lendir agar dpat dikeluarkan dengan air ludah.



10




Jumlah
40



Pedoman penskoran :

                                    Jumlah skor yang diperoleh
            Nilai  =          _______________________    X 100
                                                            40









FORMAT PENILAIAN SIKAP





NO
IPK/ASPEK YANG DINILAI
KRITERIA
INDIKATOR
NILAI

1
BERANI DAN SANTUN DALAM MENGAJUKAN PERTANYAAN DAN BERARGUMENTASI.
Siswa selalu aktif menanyakan hal-hal yang tidak mengerti, dan berani berargumen menambahkan jawaban yang kurang jelas
SB = 4 Kriteria
4

Siswa kadang-kadang menanyakan hal-hal yang tidak mengerti, dan ragu-ragu berargumen menambahkan jawaban yang kurang jelas
B = 3 Kriteria
3

Siswa jarang menanyakan hal-hal yang tidak mengerti, dan tidak berani dan melemparkan argumen  ke teman yang lain dalam menambahkan jawaban yang kurang jelas
C =  2 Kriteria
2

Siswa tidak aktif menanyakan hal-hal yang tidak mengerti, dan tidak berani berargumen menambahkan jawaban yang kurang jelas
K = 1 Kriteria
1

2
DISIPLIN
Siswa selalu mengerjakan tugas kelompok, menyelesaikan dan mengumpulkan sebelum waktunya.
SB = 4 Kriteria
4

Siswa mengerjakan tugas kelompok, menyelesaikan dan mengumpulkan tepat waktu.
B = 3 Kriteria
3

Siswa mengerjakan tugas kelompok, menyelesaikan dan mengumpulkan tidak tepat waktu.
C =  2 Kriteria
2

Siswa tidak menyelesaikan tugas dan tidak mengumpulkan tepat waktu
K = 1 Kriteria
1

3
MENGHARGAI PENDAPAT ORANG LAIN
Siswa selalu menunjukan rasa senang dengan wajah ceria saat menerima pendapat orang lain.
SB = 4 Kriteria
4

Siswa menunjukan rasa senang dengan wajah ceria saat menerima pendapat orang lain.
B = 3 Kriteria
3

Siswa kurang menunjukan rasa senang dengan wajah kurang ceria saat menerima pendapat orang lain.
C =  2 Kriteria
2

Siswa tidak menunjukan rasa senang dengan wajah tidak ceria saat menerima pendapat orang lain.
K = 1 Kriteria
1







4
TELITI
Hasil jawaban sangat detil /sesuai dengan literature dan lengkap
B = 3 Kriteria
3







Hasil jawaban  detil /sesuai dengan literature tapi kurang lengkap
C = 2 Kriteria
2







Hasil jawaban tidak detil /tidak sesuai dengan literature

K =  1 Kriteria
1








5
KERJASAMA
Siswa aktif dalam mengungkapkan ide-ide untuk memecahan masalah kelompoknya
SB = 4 Kriteria
4

Siswa sering aktif dalam mengungkapkan ide-ide untuk memecahan masalah kelompoknya
B = 3 Kriteria

3

Siswa bergantung pada temanya  dalam mengungkapkan ide-ide untuk memecahan masalah kelompoknya

C = 2 Kriteria
2

Siswa masa bodoh dalam mengungkapkan ide-ide untuk memecahan masalah kelompoknya
K =  1 Kriteria
1






No
Nama siswa
berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi
Disiplin
Teliti
kerjasama
Menghargai pendapat orang lain
1






2






3






4








format penilaian presentasi perkelompok

Point penilaian
Pedoman skor
Kel-1
Kel-2
Kel-3
Kel-4
Nilai
Penguasaan materi
1. presentasi atau pemaparan
2. tanya jawab
3. kesesuaian jawaban dengan pertanyaan
4. Slide Presentasi
 Kontras warna

 Design slide

 Ukuran huruf

 Animasi

 Transisi slide



8
8
10


3

3


3

2

3





Jumlah
40






Pedoman penskoran :

                                    Jumlah skor yang diperoleh
            Nilai  =          _______________________    X 100
                                                            40

catatan:
SB: SANGAT BAIK = 80-100
B : BAIK = 70-79
C : CUKUP: <69
D : KURANG: <60












No comments:

Post a Comment